tangkuban perahu

pada jaman dahulu,dijawa barat hidup lah seorang putri raja yang bernama dayang sumbi.
ia mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama sangkuriang. anak tersebut sangat gemar memburu di dalam hutan. setiap berburu, dia selalu di temani oleh se ekor anjing ke sayangan yang bernama tumang. tumang adalah titisan dewa, dan juga bapa kandung sangkuriang, tetapi sangkuriang tidak tahu hal itu dan ibu nya memang sengaja merahasia kan nya.

pada suatu hari, seperti biasa nya sangkuriang pergi ke hutan untuk berburu. setelah sampai nya di hutan, sangkuriang mulay mencari buruan. dia melihat ada se ekor burung yng sedang bertengger di lahan, lalu tanpa berpikir panjang sangkuriang langsung menembak nya dan tepat mengenai sasaran sangkuriang lalu memerintah tumang untuk mengejar buruan nya tdi,ttapi situmng diam saja dan tdk mau mnqikuti perintah sngkuriang. karena sangat jengkel pda tumang maka sangkuriang lalu mengusir tumang dan tdk diijinkan plang ke rmh brsama nya lagi

ssampai dirmh, sangkuriang menceritakan kejadian tersebut kpd ibu nya begitu mendengar cerita dri anak nya, dayang sumbi sngat mrah.diambil sendok nasi dan dipkulkan ke kepala nya. karena merasa kecewa dngn prlakuan ibu nya,mka sngkuriang mmutuskan untuk pergi mngembara dan meninggal kan rumah nya.

stalah kejadian itu, dayang sumbi sangat mnyesali perbuatan nya. ia berdoa setiap hari, dan mminta agar suatu hari dpt bertemu dngan anak nya kembali karna kesungguhan dari doa dayang sumbi tersebut,mka dewa memberikan hadiah kecantikan abadi selamnya nya.

setelah bertahun thun lma nya sngkuriang mengembara,akhirnya berniat pulang ke kmpung halaman nya sesampainya disana,dia sngat terkejut sekali,karna kampung halaman nya brubah total.rasa senang sangkuriang tersebut bertambah ketika saat ditngah jalan bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik jelita,yang tidak lain adealah dayang sumbi. karna terpesona dngan kecntikkan tersebut,mka sngkuriang melamarnya.akhir nya lamaean sangkuriang diterima oleh dayang sumbi, dan sepakat akan mnikah diwktu dekat.

pda suatu hari  sangkuriamg meminta ijin untuk berburu di hutan kpd calon istri nya alangkah terkejut nya dayang sumbi melihat bekas luka yang mirip dengan bekas luka anak nya dayang sumbi bertambah terkejut, karena ternyata benar bahwa clon suami nya tersebut adalh ank nya sndri.

dayang sumbi sangat bingung sekali untuk mncoba berbicara kepada sangkuriang, supaya sangkuriang mencoba membatal kan prnikahan nya dan hanya di anggap angin lalu saja.

setiap hari dayang sumbi berpikir bagai mana cara membatal kan pernikahan mereka dayang sumbi mengaju kan 2 syaratapabila sangkuriang dapat memenuhi 2syarat tersebut, maka dayang sumbi mau jadikan istri nya tapi sebalik nya,
1. dayang sumbi ingin membendung sungai citarum
2. dayang sumbi ingin meminta sangkuriang untuk membuat sanpan yang besar untuk menybrang sungai.

sebelum pajar menyingsing sangkuriang garus mnyelesai kan tugas trsbut. diam-diam dayang sumbi mengintip hasil kerja dari sangkuriang betapa terkejut nya dia, sangkuriang hampir mnyelesai kan syarat tersebut.

dayang sumbi lalu meminta bantuan masyarakat sekitar untuk menggelar kain sutra berwarna merah di sebelum timur kota. ketika melihat warna memerah sangkuriang mengira kalo hari sudah menjelang pagi. sangkuriang langsung menghentikan pekerjaan nya dan akhir nya sangkuriang tidak dapat memenuhi syarat yg di ajukan dayang sumbi.

dengan rasa jengkel dan kecewa, sangkuriang lalu menjebol bendungan yg telah di buat nya sendri.maka terjadi lah banjir dan akhir nya seluruh kota terendam air sangkuriang juga menendang sanpan besar yg telah di buat nya. sanpan itu melayang dan jatuh tertumpuk, lalu menjadi sebuah gunung yg brnma

TANGKUBAN PERAHU
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "tangkuban perahu"

Poskan Komentar